banner 10250x250
News  

Pemkot Makassar Tanggung Biaya Pengobatan Lima Korban Pohon Tumbang

Netral.co.id
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto Tinjau langsung pohon tumbang di Jl. Sudirman Makassar. Dok Humas Pemkot Makassar.

Netral.co.id, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengunjungi lima orang korban pohon tumbang Jl Sungai Lasinrang, Jumat, 23 Desember 2022.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto memberi semangat dan menyampaikan kesanggupan Pemkot Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar menanggung semua biaya perawatan itu.

“Pokoknya kita fokus untuk sembuh, biaya pengobatan Pemkot yang tanggung,” kata Danny saat berbincang dengan salah seorang korban bernama Fitri di RS Pelamonia, sore tadi.

Fitri mengalami luka pada kaki. Di sebelahnya ada korban lainnya, Martinus. Lelaki ini mengalami benturan.

“Semangatki untuk sembuh, saya sudah telepon kadinkes untuk menangani perawatan ini,” ucapnya kepada Martinus.

Danny menuturkan total korban ada lima orang. Dua orang sedang menjalani observasi ketat sehingga harus menjalani rawat inap. Meski begitu, kondisi mereka stabil.

Ia menjelaskan pohon Trembesi yang tumbang memang berusia tua dan sebenarnya sudah menjadi kebanggaan Makassar. Pasca Terjadinya insiden itu, timnya langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Tidak cukup lima menit tim langsung turun ke lapangan termasuk tim kesehatan. Alhamdulillah kita syukuri juga karena korban jiwa yang fatal terhindari. Semua selamat,” ujar dia.

Atensi untuk pohon tumbang ini, ia mengaku sudah memerintahkan tim untuk memangkas ranting pohon yang rawan.

“Saya perintahkan Pemadam Kebakaran, DLH untuk bantu, apalagi kita juga punya mobil baru dengan crane yang cukup panjang dengan beberapa alat pemotong pohon yang baru maka segera kita mitigasi,” akunya.

Pula mempromosi (pangkas ranting/daun) untuk mengurangi beban pohon terhadap daun yang basah karena bebannya mencapai dua kali lipat dari biasanya.

Wali Kota dua periode ini juga mengimbau kepada masyarakat agar menghindari pohon-pohon besar, besi-besi, listrik, juga menjaga anak-anak terhadap arus air.

“Itu juga, jangan sembarang buang sampah karena dapat menurunkan kinerja drainase,” pesannya.