banner 10250x250
News  

Diskop Sulsel Beri Penyuluhan Pembentukan Koperasi KKT

Netral.co.id
Hadi dalam acara tersebut Ketua Umum PP KKT Jeneponto, DR. Alimuddin, MH., M. Kn., Wakil ketua umum Drs. Burhanuddin BT., Ketua Harian Prof. Dr. Rakhman Laba, Sekretaris Dewan Pembina Drs. Said Amin, Dr. H. Sanusi Hamid Istri mantan Bupati Majene ibu Hj. Fatmawati Fahmi dan seluruh hadirin lainnya. Dok Netral.co.id

Netral.co.id, Makassar – Kepala dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) jadi narasumber di penyuluhan pembentukan koperasi pada Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP KKT) Jeneponto, di kampus Megarezky Makassar, Kamis 29 Desember 2022.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi Pemprov Sulsel, Dra. Erniwati Thamrin, MM., didampingi Drs. Muhammad Hasyim, MM selaku fungsionaris Dinas Koperasi Sulsel memberikan pengarahan materi tentang bagaimana kondisi perkoperasian di sulawesi selatan, bagaimana tatacara pembentukan dan jenis-jenis koperasi yang akan dibentuk. Untuk itu ia menekankan beberapa persiapan pembentukan koperasi.

“Yaitu harus ada pengurus, ada pengawas, simpanan pokok, dan rencana kerja jangka pendek, menengah dan panjang. Serta menentukan bidang usaha koperasi” kata Hasyim

Menurutnya membentuk koperasi itu harus memulai dari hulu sampai hilir dan selalu berfikir ke depan bahwa koperasi yang akan dibentuk akan berskala nasional.

“Jadi koperasi KKT yang rencana dibentuk harus berfikir ke depan yang suatu saat akan menjadi koperasi yang berskala nasional, karena pengurus pusatnya bisa membentuk cabang-cabang di seluruh Indonesia” sambungnya.

Ia menambahkan koperasi itu harus yang bisa melayani anggota dan bukan anggota.
“Meskipun harus hati-hati atau selektif dalam memilih anggota, jangan sampai masuk menjadi provokator” katanya lagi sambil bercanda.

Sementara Ketua PP KKT Bidang koperasi dan UMKM Dr. Muhammad Nadhar mengatakan dengan hadirnya dari dinas koperasi, maka KKT sangat berterima kasih karena kehadirannya telah memberikan penyuluhan sebagai modal penting membentuk koperasi.

“Kita patut bersyukur atas waktu dan kehadirannya ibu dan bapak dari dinas koperasi yang telah memberikan penyuluhan bagaimana langkah-langkah membentuk koperasi,” ucap doktor ekonomi itu.

Muhammad Nadhar menambahkan bahwa selain penyuluhan yang dilakukan hari ini,dinas koperasi bisa memberikan perhatian dan terus menjadi pengayom bagi koperasi kami nanti.

“Semoga dinas koperasi bisa mengayomi selalu koperasi KKT yang diberi nama Koperasi Ci’nong Atiya Turatea,” harap akademisi Universitas Islam Makassar

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan dihadiri langsung ketua umum PP KKT Jeneponto, DR. Alimuddin, MH., M. Kn., Wakil ketua umum Drs. Burhanuddin BT., Ketua Harian Prof. Dr. Rakhman Laba, sekretaris dewan pembina Drs. Said Amin, Dr. H. Sanusi Hamid serta puluhan pengurus pusat KKT Jeneponto.