Netral.co.id, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) meraih prestasi membanggakan dengan mendapat opini Kualitas Tertinggi dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik tahun 2024. Dengan skor 91, Pemprov Sulsel masuk dalam kategori A dan zona hijau, berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman RI Nomor 252 Tahun 2024.
Kepala Biro Organisasi Setda Sulsel, Bustanul, mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di zona kuning. Ia menegaskan, hasil ini tak lepas dari arahan Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.
“Setiap tahun Ombudsman menilai kepatuhan pelayanan publik. Tahun ini, kita berhasil naik ke zona hijau dan memperoleh opini Kualitas Tertinggi,” ujar Bustanul, Jumat (15/11/2024).
Penilaian ini melibatkan pemeriksaan kelengkapan administrasi sekaligus pengamatan langsung di lapangan. “Peningkatan ini mencerminkan komitmen Pemprov Sulsel dalam memperbaiki pelayanan publik,” tambahnya.
Baca Juga :Â Pj Gubernur Prof Zudan Paparkan RPJPN Menuju Indonesia Emas 2045
Ombudsman RI menilai enam lokasi pelayanan publik di Sulsel, yakni RSUD Labuang Baji, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan.
Menurut Bustanul, Biro Organisasi bertugas mengkoordinasikan dan membimbing instansi yang menjadi lokus penilaian. “Kami berharap ini memotivasi OPD lain untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” tutupnya.
Comment