banner 10250x250

Bupati Indah Hadirkan Festival Katto-katto Upaya Lestarikan Tradisional

Netral.co.id
Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar Festival Katto-katto di pelataran Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara, Sabtu 31 Desember 2022. Dok Humas Pemkab Luwu Utara.

Netral.co.id, Luwu Utara – Dalam rangka melestarikan permainan tradisional, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar Festival Katto-katto di pelataran Rumah Jabatan Bupati Luwu Utara, Sabtu 31 Desember 2022.

Diikuti sekira ribuan peserta dari kalangan SD dan SMP di Kabupaten Luwu Utara, kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda akhir tahun Pemkab Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyebut, katto-katto adalah permainan tradisional yang kembali muncul, dan diharapkan keberadaannya tetap terjaga melalui pagelaran event.

“Katto-katto ini adalah permainan orang lama tapi kembali muncul, dan kita berharap melalui kegiatan ini dapat kita jaga dan lestarikan, paling tidak kegiatan ini juga menjadi pemikat atau ajang silaturahmi kita,” ucap bupati yang karib disapa IDP ini.

Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini menyampaikan, antusias masyarakat terhadap festival katto-katto ini cukup tinggi, tercatat, event ini diikuti 627 peserta yang melakukan pendaftaran.

“Itu yang terdaftar, belum lagi yang langsung ikut jadi bisa kita simpulkan masyarakat sangat antusias, ini merupakan hal baik, selain menghidupkan permainan tradisional, kegiatan ini sekaligus mengalihkan aktivits anak terhadap penggunaan handphone,” sebutnya.

Diketahui, festival katto-katto juga digelar sebagai rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan agenda pergantian tahun.