banner 10250x250
News  

Peringati HKG, Tim Penilai PKK Kabupaten Pangkep Lakukan Penilaian di Desa Biringere

Peringati HKG, Tim Penilai PKK Kabupaten Pangkep Lakukan Penilaian di Desa Biringere
Peringati HKG, Tim Penilai PKK Kabupaten Pangkep Lakukan Penilaian di Desa Biringere/Ist

Netral.co.id, Pangkep, – Tim penilai lomba kegiatan PKK Tingkat Kabupten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penilaian di Desa Biringere Kecamatan Bungoro sebagai rangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke – 50 tahun 2022.

Kehadiran Tim Penilai disambut oleh Kepala Desa Biringere M. Syawir S bersama Ketua dan anggota PKK Desa Biringere, unsur muspika Kecamatan Bungoro serta sejumlah tokoh masyarakat desa Biringere.

Sepertinya ada masalah. Tunggu beberapa detik, lalu coba lagi.

Kepala Desa Biringere M. Syawir S atas nama pemerintah desa dan masyarakat Biringere menyampaikan ucapan selamat datang tim penilai dari Kabupaten Pangkep.

Dihadapan tim penilai, Kepala Desa Biringere menyampaikan slogan “Biringere madani yang memiliki arti bahwa di Biringere telah tercipta sebuah peradaban tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang majemuk melalui semangat gotong royong membangun desa, mengedepankan musyawarah mufakat untuk mengambil lngkah-langkah strategis dalam percepatan pembangunan menuju desa Mandiri, Aman Damai dan Indah.

Ia mengatakan penilaian ini sebagai momentum untuk mengevaluasi khususnya terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PKK Desa Biringere.

Untuk itu, PKK sebagai mitra pemerintah dalam rangka untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat khususnya kaum wanita dalam rangka mengimplementasikan pembangunan di desa ini dan sebagiai ujung tombak berjalannya sebuah organisasi gerakan wanita, memang sangat diharapkan peran serta kaum wanita untuk memajukan Desa Biringere ini.

“Kita tahu bahwa dibalik semua ini terdapat sebuah misi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga momentum ini saya harapkan untuk tidak mencari juara saja, yang terpenting adalah hal yang dilakukan oleh PKK untuk mensejahterakan masyarakatnya, memberikan kesetaraan, beserta kemandiriannya di kelompok kerja (Pokja) masing-masing,” kata M. Syawir, Kamis. (29/09/22)

Ketua PKK Kabupaten Pangkep melalui Sekretarisnya Hj. Mustabsirah Syam, M.Si menyampaikan, penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Kabupaten Pangkep terdiri dari sembilan jenis perlombaan.

“Adapun perlombaan dari gerak PKK – KKBPK-Kesehatan terbagi menjadi empat jenis perlombaan yaitu lomba PKK-KKBPK- Kesehatan, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Sedangkan untuk lomba PKK dalam rangka HKG terdiri dari Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK), Lomba Pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan Lomba Visual dengan Asam Asetat ( IVA Test). Dengan kriteria tiga indikator berupa indikator input, indikator proses dan indikator output.”kata Ny. Mustabsirah Syam.

Sementara itu Ketua TP. PKK Desa Biringere Ny. Nurbaya N selain melaporkan secara administratif tentang aktivitas PKK Desa Biringere. Ia pun berterimakasih terkhusus kepada manajemen PT Semen Tonasa yang tak henti-hentinya mensupport dan berkontribusi penuh terhadap arah pembangunan di desa Biringere termasuk mensupport kegiatan PKK Desa Biringere.

“Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga di Desa Biringere kami telah melaksanakan suatu kegiatan secara berjenjang mulai dari kelompok dasa wisma, kelompok PKK, tim penggerak PKK desa, yang kami implementasikan dalam beberapa program unggulan diantaranya program sekretariat TP PKK Desa Biringere dengan prioritas program tertib Administrasi PKK sesuai dengan Rakennas, Program POKJA I dengan prioritas program pola asuh anak dan remaja penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, program POKJA II dengan prioritas program pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, Program POKJA III tentang prioritas program pemanfaatan lahan melalui program halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman dan Program POKJA IV tentang prioritas program IVA Test, “kata Nurbaya.

Baca Juga: Pemkab-DPRD Pangkep Setujui Perubahan APBD 2022

Baca Juga: Pemprov Sulsel Utus Tim Verifikasi Independen di Pangkep