banner 10250x250

Pengrajin dan Pengusaha Saweran untuk Pembuatan Kapal Pinisi di Kantor Satu Atap

Pengrajin dan Pengusaha Saweran untuk Pembuatan Kapal Pinisi di Kantor Satu Atap
Pengrajin dan Pengusaha Saweran untuk Pembuatan Kapal Pinisi di Kantor Satu Atap/Ist

Netral.co.id, Bulukumba, – Sejumlah pengrajin dan pengusaha kapal Pinisi asal Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, sepakat saweran untuk pembuatan perahu Pinisi yang akan dipajang di lantai atas Kantor Satu Atap.

Para pengrajin dan pengusaha kapal Pinisi itu sepakat melakukan saweran saat berdiskusi dengan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, yang berlangsung di Rumah Jabatan Bupati, Selasa, 3 Januari 2023.

“Alhamdulillah, setelah kami berdiskusi untuk Kabupaten Bulukumba yang lebih baik, para pengrajin dan pengusaha sepakat untuk saling bahu membahu membuat kapal Pinisi yang akan di pajang di Kantor Satu Atap nantinya,” kata Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Bupati Andi Utta mengatakan, Bulukumba, sebagai daerah yang dikenal dengan Butta Panrita Lopi, tentu tidak bisa dipisahkan dengan kapal Pinisi. Apalagi, lanjutnya, kapal Pinisi dari Sulawesi Selatan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda oleh UNESCO beberapa tahun yang lalu.

“Untuk itu di Kabupaten Bulukumba, sudah seharusnya sudah ada ikon yang bisa dilihat oleh masyarakat pada umumnya dan masyarakat Bulukumba secara khusus dan kapal Pinisi yang harus menonjol. Dan kapal Pinisi itu nanti akan dipajang di bagian atas Kantor Satu Atap,” kata Andi Utta, yang juga berlatar belakang pengusaha itu.

Sementara itu, Ketua Pengrajin dan Pengusaha Kapal Pinisi Bulukumba, H Rudy Wachyudi mengaku, berkomitmen untuk ikut ambil bagian membantu pemerintah menyediakan kapal Pinisi yang akan di pajang nantinya di Kantor Satu Atap.

Dari hasil musyawarah yang dilakukan, Rudy Wahyudi dipercaya untuk menjadi ketua dan para pengrajin serta pengusaha kapal Pinisi berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang telah disepakati.

“Untuk anggarannya kami juga sudah bersepakat akan saling bahu-membahu secara swadaya. Jadi, kami saweran untuk menyelesaikan kapal Pinisi itu dan akan di pasang di Kantor Satu Atap nantinya,” tutupnya.

Usai pertemuan di rumah jabatan Bupati, bersama Bupati Bulukumba para pengrajin dan pengusaha kapal ini meninjau langsung bangunan Kantor Satu Atap yang saat ini sudah selesai pekerjaan strukturnya.(*)