banner 10250x250
News  

Dekranasda Kota Makassar Susun Rencana Rapat Kerja 2023

Dekranasda Kota Makassar Susun Rencana Rapat Kerja 2023
Ist

Netral.co.id, Makassar, – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar melakukan silaturahmi awal tahun di Cafe Mama, Selasa 2 januari 2023.

Silaturahmi ini diikuti oleh Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, serta jajaran pengurus, dan anggota Dekranasda Kota Makassar.

Indira menyampaikan, silaturahmi ini bertujuan untuk membahas rencana Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Kota Makassar yang bakal dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Kami berencana melakukan rapat kerja untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya dan menyusun program-program yang bakal dijalankan sepanjang tahun 2023 ini,” ungkap Indira.

Dia menyampaikan, ada banyak rencana program Dekranasda yang bakal dikerjakan. Fokusnya adalah pengembangan usaha kerajinan dan kesenian.

“Kami akan mengupayakan memberikan pelatihan kepada para pengrajin ini agar semakin produktif dan terus memperbarui hasil produksinya,” katanya.

Tak berhenti pada pelatihan semata, Dekranasda juga akan memberikan pendampingan kepada mereka untuk memperluas pangsa pasar produk kerajinan.

Dengan begitu, kreasi unggul yang diciptakan bisa dipasarkan bukan hanya pada skala lokal, namun juga nasional, hingga internasional.

Untuk mencapai hal itu, lanjut Indira, pihaknya membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, khususnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar. Sebab, hal ini juga bertujuan menggiatkan roda perekonomian di Kota Makassar.

“Dekranasda tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari pemerintah kota. Karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengrajin daerah, perlu pembinaan yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto berujar bahwa kerja-kerja Dekranasda juga sangat berpengaruh pada kualitas dan kemajuan sebuah kota.

Sebab melalui Dekranasda, para pengrajin yang dominan bergerak pada sektor UMKM bisa dihimpun dan dibina secara teratur dan terukur.

“Kalau para crafters kita dibina, dengan usahanya, saya kira itu semua akan membuat kota ini semakin kuat,” jelas Danny, sapaan akrabnya.