banner 10250x250

Forum Pengurangan Resiko Bencana, Langkah Taktis BPBD Sulsel Kelola Resiko Bencana Alam

Forum Pengurangan Resiko Bencana, Langkah Taktis BPBD Sulsel Kelola Resiko Bencana Alam
Forum Pengurangan Resiko Bencana, Langkah Taktis BPBD Sulsel Kelola Resiko Bencana Alam/Ist

Netral.co.id, Makassar, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka membentuk wadah bagi para pemangku kepentingan terkait pengurangan resiko bencana di wilayah Sulawesi Selatan. Acara tersebut diselenggarakan tanggal 12 – 13 Desember 2022 di Hotel Max One Makassar.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulsel Muhammad Ichsan Mustari menjelaskan, Forum ini akan menyatukan unsur-unsur masyarakat terkait dalam pengurangan resiko bencana daerah yang disebut pentahelix diantaranya terdiri dari unsur pemerintah, media, masyarakat, dunia usaha dan akademisi.

Dimana tujuan akhir dari pembentukan forum ini ditingkat lokal ialah untuk berkontribusi pada pembangunan ketangguhan provinsi terhadap bencana alam dalam mendukung pembangunan keberlanjutan.

“Pertama, inilah forum yang akan menyatukan kesiapsiagaan kita. Yang kedua, kita punya sekretariat Brigade Siaga Bencana (BSB) Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana kita semua menyatu disana memikirkan dan membuat langkah-langkah penanggulangan bencana,” tandas Ichsan Mustari.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan launching aplikasi SiAndalan. Aplikasi ini akan menyediakan data dan informasi mengenai kejadian bencana, up date kejadian bencana terbaru serta peta bencana di Sulawesi Selatan.

“Langkah cepat, langkah tepat, langkah safety itu bisa kita lakukan kalau ada data dan informasi yang update dan akurat. SiAndalan ini adalah aplikasi yang berbasis android yang bisa digunakan oleh semua orang untuk melihat informasi dan pet bencana khususnya di Sulawesi Selatan,” jelasnya. (*)

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Intsruksikan Balita Jantung Bocor Ditangani Intensif

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Terima Penghargaan Pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM dari Wapres