banner 10250x250

Bupati Andi Utta Lantik 31 Kades Terpilih dan Bagikan Bibit Unggul

Bupati Bulukumba Muchtar ali yusuf (andi utta) melantik 31 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak.
Bupati Bulukumba Muchtar ali yusuf (andi utta) melantik 31 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak(foto/pemkab)

Netral.co.id, Bulukumba, – Bupati Bulukumba Andi Muctar Ali Yusuf melantik 31 Kepala Desa Terpilih di Stadion Mini Bulukumba, Jumat, 16 Desember 2022. Kades yang dilantik, sekaligus diambil sumpah jabatannya.

Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 9 November 2022 lalu, dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. Sehingga, katanya, tidak ada pihak yang melakukan gugatan maupun Pemungutan Suara Ulang atau PSU.

“Semoga keberhasilan suksesi Pilkades ini, insya Allah dibarengi pula dengan kesuksesan dalam menghasilkan pemimpin desa yang bermoral, berkualitas dan berintegritas yang menjadi harapan negara dan masyarakat,” katanya.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta berharap agar kepala desa yang terpilih kembali, kinerjanya semakin ditingkatkan. Bahkan harus menambah ‘speed’ kinerjanya dalam membangun desa karena telah memiliki pengalaman sebelumnya.

“Begitu pula kepada kepala desa yang baru terpilih, agar dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik dari pejabat kepala desa sebelumnya. Harus lebih inovatif dan mendorong warganya lebih produktif dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di desa,” jelasnya.

Saat ini pemerintah, kata Andi Utta, termasuk pemerintah desa, harus bekerja lebih cepat dan lebih fokus dalam rangka pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19.

Dengan demikian, maka peningkatan ekonomi masyarakat selalu menjadi prioritas yang harus disentuh. Sebab, sektor ekonomi ini sangat mempengaruhi sektor kehidupan lainnya.

“Jika ekonomi baik, maka pendidikan dan kesehatan warga akan menjadi baik. Begitupun jika ekonomi warga baik, maka stabilitas dan keamanan juga akan lebih baik,” ujarnya.

Andi Utta lebih mengajak para kepala desa yang dilantik untuk bersama-sama bekerja membangun daerah Kabupaten Bulukumba yang dimulai dari desa.

“Mari memanfaatkan lahan subur di desa untuk menambah nilai produksi pertanian dan perkebunan, jangan membiarkan lahan-lahan yang ada di desa tidak produktif,” katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan masyarakat desa melaksanakan pemilihan kepala desa, pada hakekatnya adalah kemenangan seluruh masyarakat desa yang telah mendapatkan pemimpin melalui proses yang demokratis dan seharusnya tidak diartikan sebagai kemenangan kepala desa terpilih dan kelompoknya saja.

“Kepala desa yang baru saja diambil sumpahnya dan dilantik merupakan kepala desa bagi seluruh masyarakat yang ada di desanya. Bukan kepala desa bagi pendukung atau pemilihnya saja,” kata Andi Utta.

Olehnya kepada seluruh masyarakat desa, ia mengajak untuk memberikan kesempatan dan dukungan kepada para kepala desa untuk bekerja menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Saya juga berharap penggunaan anggaran desa dikelola untuk kepentingan masyarakat dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip transparansi, efektifitas dan akuntabel sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjerat dalam permasalahan hukum,” katanya.

Sekadar diketahui, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kades juga dihadiri oleh Wabup Andi Edy Manaf, Pimpinan DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Camat dan sejumlah Kepala Desa.

Tak hanya itu, DPMD Bulukumba juga mengundang para Kepala Dusun, BPD dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

Tampak, euforia masyarakat benar-benar tak terbendung. Ribuan orang memadati Stadion Mini Bulukumba untuk menyaksikan kepala desanya dilantik.

Usai pelantikan, Andi Utta membagikan bibit kepada para kepala dusun di desa yang telah menggelar Pilkades. Masing-masing dusun, mendapat 20 bibit unggul.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga mantan anggota DPRD Bulukumba, H.M A Juharta mengapresiasi pelaksanaan Pilkades serentak yang berjalan aman dan damai.

“Selamat iyye baru kali ini pelaksanaan Pilkades di Bulukumba tidak ada protes, tidak demo semua berjalan aman dan damai sampai pelantikan tadi,” ungkapnya.

Menurutnya itu prestasi luar biasa buat Pemda Bulukumba yang telah menggelar Pilkades di 31 desa secara serentak.

“Saya beri apresiasi pelaksanaan Pilkades aman dan damai. Ini capaian luar biasa,” imbuhnya.

Berikut 31 kades terpilih yang dilantik dan diambil sumpahnya:

KECAMATAN GANTARANG
Barombong: Mahfud
Benteng Malewang: Askar
Bontoraja: Idrus
Bukit Tinggi: Rahmat Lala

KECAMATAN BULUKUMPA
Jojjolo: Hj. Marniati, SE
Kambuno: Syahrullah
Sapobonto: Andi Bangkailong
Batulohe: Ibnu Hajar
Bulo-bulo: Mappilawa, SE

KECAMATAN KAJANG
Sapanang: Ilham Jaya
Pattiroang: Arianto
Mattoanging: Zainuddin
Lembanna: Jamaluddin
Tanah Towa: Zulkarnain, S.Pd
Lembang: Sapri
Bontorannu: Arman

KECAMATAN UJUNG LOE
Manjalling: Mukrimin
Padangloang: Muhammad Rizal
Salemba: Agus
Tamatto: Muhammad Arsul Sani, S.Sos
Bijawang: Elly Syahruni, S.Sos

KECAMATAN RILAU ALE
Bontomanai: Risman
Bontomate’ne: Syahiruddin
Bontobangun: Damnar, S.Pd
Bulolohe: Abd. Rasyid. N
Anrang: Ismail, S.Ag

KECAMATAN KINDANG
Kindang: Indra, S.IP

KECAMATAN BONTOBAHARI
Lembanna: Aspar
Darubiah: Dewi Asniar, SE

KECAMATAN BONTOTIRO
Pakubalaho: Ardiansyah, S.Pd, M.Pd
Batang: Hamza Hafid