banner 10250x250

Wali Kota Danny – Dosen Senior University of Canberra Australia Jejaki Kolaborasi

Netral.co.id
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima kunjungan Pusat Pendidikan STEM Fakultas Pendidikan University of Canberra Australia, Sitti Maesuri Patahuddin di kediaman Wali Kota Makassar, Jumat 4 November 2022. Dok Humas Pemkot Makassar.

Netral.co.id, Makassar, – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima kunjungan Pusat Pendidikan STEM Fakultas Pendidikan University of Canberra Australia, Sitti Maesuri Patahuddin di kediaman Wali Kota Makassar, Jumat 4 November 2022.

Sitti Maesuri menyatakan keinginannya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Makassar di sektor pendidikan, utamanya STEM atau Science, Technology, Engineering and Mathematics.

“Pemerintah Australia memberikan ijin kepada kami untuk membuka ke sekolah lain untuk menjalankan program STEM. Saya ingin membawa ke Indonesia, termasuk Makassar,” ungkap Sitti Maesuri.

Dosen senior bidang pedagogi ini menyebut pihaknya menyasar sekolah tingkat PAUD hingga SD untuk pelaksanaan program STEM.

Kata Sitti Maesuri, STEM ini telah diterapkan di sebagian besar wilayah di Australia, dan terbukti efektif meningkatkan daya nalar dan berpikir kritis peserta didik.

“STEM menekankan kepada penalaran. Bernalar secara sistematik dan saintifik, sangat tepat bagi anak usia PAUD hingga SD,” ujarnya.

Danny Pomanto menyambut baik rencana ini. Sektor pendidikan merupakan salah satu perhatian utama Pemerintah Kota Makassar, yang kemudian dijabarkan dalam 18 Revolusi Pendidikan.

Menurut mantan dosen Unhas ini, program yang ditawarkan University of Canberra tersebut memiliki banyak kesamaan dengan apa yang diharapkan melalui programnya.

“Dalam perjalanannya kita harus revolusi pendidiknya juga, karena pendidikan itu bukan hanya memberi materi dan urus administrasi atau dana BOS saja. Maka saya pikir bagus juga kalau guru-gurunya dapat pelatihan,” tutup Danny Pomanto.