banner 10250x250

Ketua Bawaslu Sulsel ke Panwascam Palopo : Jangan Mau Diintervensi

Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi meminta seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik bisa bekerja sungguh-sungguh, kredibel, menjaga integritas serta kode etik sebagai penyelenggara pemilu.
Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi meminta seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik bisa bekerja sungguh-sungguh, kredibel, menjaga integritas serta kode etik sebagai penyelenggara pemilu. Dok Istimewah.

Netral.co.id, Palopo, – Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, HL Arumahi menegaskan kepada seluruh anggota Panwascam Kota Palopo agar tidak mau diintervensi oleh pihak manapun dalam menjalankan tugas.

Hal tersebut disampakan HL Arumahi saat menghadiri pelantikan 27 anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) kecamatan yang akan bertugas di 9 kecamatan di kota Palopo.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi meminta seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik bisa bekerja sungguh-sungguh, kredibel, menjaga integritas serta kode etik sebagai penyelenggara pemilu.

“Saya meminta anggota Panwascam dalam menjalankan tugasnya bisa menjalin kerja sama dengan mitra penyelenggara KPU dan stakeholder dijajaran kecamatan,” katanya saat memberikan sambutan pelantikan anggota Panwascam Kota Palopo, Kamis 27 Oktober 2022, di Palopo.

Arumahi berharap, sejumlah potensi kerawanan seperti politik uang dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi fokus pencegahan daerah ini.

“Walau kita bermitra dengan stakeholder terkait utamanya pemerintah, pencegahan netralitas ASN juga harus diutamakan dan kita harus bekerjasama tapi jangan mau diintervensi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Palopo Asbudi mengatakan proses penjaringan calon anggota panwascam akhirnya bisa diselesaikan dengan dilantiknya 27 Anggota Panwaslu Kecamatan yang tersebar di 9 Kecamatan.

“Anggota Panwascam yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini merupakan hasil terbaik dari tahapan proses yang ketat,” jelas Asbudi.

Diketahui, para anggota panwascam ini juga akan langsung mendapatkan pembekalan selama 3 hari.

Dalam pelantikan ini, hadir Dandim 1403 Palopo, Kepala Kejari Palopo, Kapolres Palopo dan Walikota Palopo yang diwakili Sekda kota Palopo, Perwakilan Pengadilan, dan para camat.