banner 10250x250

Gubernur Sulsel Komitmen Bangun Infrastruktur Jembatan di Sidrap

netral.co.id
Jembatan penghubung antara Desa Belawae Timur dan Desa Belawae Barat, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidenrang Rappang (Sidrap) melalui Bantuan Keuangan Provinsi TA 2022. Dok Humas Pemprov Sulsel.

Netral.co.id, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman berkomitmen membantu daerah hadirkan infrastruktur jalan dan jembatan demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satunya, Jembatan penghubung antara Desa Belawae Timur dan Desa Belawae Barat, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidenrang Rappang (Sidrap) melalui Bantuan Keuangan Provinsi TA 2022.

Jembatan yang memiliki bentangan 120 meter ini telah progres pembangunan sebesar 75 persen dengan bangunan bawah jembatan telah selesai.

“Alhamdulillah jembatan di Desa Belawae di Kecamatan Pitu Riase, Sidrap sudah progres 75 persen,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat 6 Januari 2023.

Sebelumnya, sempat viral guru dan murid di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Belawae ke sekolah pergi dan pulang menerjang derasnya arus sungai dengan menggunakan rakit.

Jembatan ini diperkirakan rampung pada Januari 2023. Jembatan ini juga berada di jalan Ruas Compong Larompong tepatnya yang berbatasan dengan Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu.

“Dengan hadirnya jembatan ini, siswa dan guru sudah bisa ke sekolah dengan tersenyum, tanpa khawatir harus mempertaruhkan nyawa untuk menyeberangi sungai dengan alat seadanya,” sebut Gubernur Andi Sudirman.

Kepala Bina Marga Kabupaten Sidrap, Ir. Muhammad Yusuf M.Eng menjelaskan, jembatan baru ini didesign dengan elevasi tinggi sebagai upaya proteksi saat banjir.

“Kita tingkatkan elevasinya. Insya Allah, pun kalau ada banjir, sudah tidak mencapai titik pengaman banjir tadi. Juga didesain motor dengan kapasitas kecil juga bisa lewat,” pungkasnya.