banner 10250x250
News  

Bupati Andi Utta Ajak BUMDes Kolaborasi dan Lebih Progresif

Bupati Andi Utta Ajak BUMDes Kolaborasi dan Lebih Progresif
Ist

Netral.co.id, Bulukumba, – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengajak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar lebih progresif dalam menggerakkan roda perekonomian. Ia berharap, BUMDes di beberapa desa dapat berkolaborasi.

“Tak mesti bersaing. Tapi bagaimana BUMDes bisa berkolaborasi. Kerja sama antar desa bisa dilakukan,” kata Bupati Muchtar Ali Yusuf pada launching Panrita BUMDes di Ballroom Hotel Agri Bulukumba, Selasa, 20 Desember 2022.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta mengatakan, BUMDes bisa menjadi contoh bagi pengembangan usaha di desa. Dengan konsep kolaborasi itu, maka beberapa desa akan bersatu membentuk kekuatan ekonomi.

“Pemerintah akan terus membangkitkan gairah ekonomi di desa, termasuk mendorong BUMDes untuk lebih inovatif dalam menjalankan usahanya,” katanya.

Ia mengatakan, BUMDes harus dikelola secara profesional dengan memaksimalkan sumber daya yang ada. Sehingga seluruh infrastruktur di tubuh BUMDes, harus betul-betul diaktifkan.

“Pastikan ekonomi kita lebih baik dengan melihat potensi di masing-masing desa. Pastikan BUMDes bisa mengawal potensi di desanya,” ujar Andi Utta.

Andi Utta mencontohkan peluang membuat Doking Kapal. Menurutnya, jika BUMDes berkolaborasi ambil peran, maka pembangunan Docking Kapal tersebut, akan lebih mudah.

“Saya pernah dorong docking kapal dari BUMDes. Kalau Rp100 juta dikali 109 desa, saya kira udah cukup. Jadi nanti masing-masing BUMDes, bisa jadi pengelola,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bulukumba, Akhmad Januaris dalam laporannya menjelaskan bahwa launching ini, merupakan program kolaborasi antara DPMD, P3MD dan Duta Digital Kemendes PDTT.

Selain itu, lanjutnya ada kolaborasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diantaranya Bappelitbangda, Inspektorat, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, DLHK, Dinas Kominfo, Dinas Perikanan, DPMPTS, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Bagian Hukum Setda.

“Ini sejalan dengan salah satu misi Bapak Bupati Bulukumba, yaitu membangun desa mandiri, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang bertujuan mendorong produktifitas BUMDes demi terwujudnya desa mandiri,” jelas Januaris.

Launching ini, juga dirangkaikan dengan penyerahan Sertifikat Badan Hukum BUMDes di Kabupaten Bulukumba. Tampak, Bupati Andi Utta lebih awal menyerahkan sertifikat itu, secara simbolis.

Selain pengurus BUMDes, juga hadir Tenaga Ahli P3MD Kemendes PDTT. Kemudian, Pimpinan Organisasi Perangkat Desa (OPD), seperti Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Thaiyeb Maningkasi, Kadis Kominfo Rudy Ramlan, Kadis Perikanan Andi Asrar Amir dan beberapa Kepala Bidang.(*)