banner 10250x250
News  

Gubernur Andi Sudirman Bersama Kepala Balai Bakal Lakukan Pengoperasian Kereta Api Terbatas

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Barru, Bupati Pangkep dan Maros saat melihat jalur Kereta Api yang sudah dibebaskan
Gubernur Andi Sudirman Bersama Kepala Balai Bakal Lakukan Pengoperasian Kereta Api Terbatas/Ist

Netral.co.id, Makassar, – Proyek Kereta Api Makassar-Parepare akan segera melakukan pengoperasian terbatas untuk publik. Rencananya untuk tahap I ini dilakukan pada 29 Oktober 2022, sepanjang 50 Km.

Jalur tahap 1 ini menghubungkan dari Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru sampai dengan ke Stasiun Mangilu di Pangkep.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadisbub) Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, dijadwalkan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung pada pengoperasian Kereta Api Terbatas Rute Barru-Pangkep ini.

“Rencana Pak Gubernur bersama Kepala Balai akan lakukan pengoperasian terbatas pada 29 Oktober 2022, untuk pengoperasian Kereta Api,” kata Arafah di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu 26 Oktober 2022.

Arafah mengungkapkan alasan pengoperasian terbatas ini, salah satunya karena sarananya belum siap, seperti gerbong yang digunakan ini telah dimodifikasi sambil menunggu datang gerbong yang baru.

“Saat ini masih menggunakan gerbong penumpang, dengan jumlah penumpang 80-100. Gerbong yang baru informasinya baru dapat digunakan pada Januari nanti, rencananya dua gerbong,” jelasnya.

Arafah menyebutkan saat ini proses kontruksi untuk jalur Pangkep dan Maros sementara dikerjakan. Adapun panjang rute Maros-Pangkep sekitar 70 Km.

Balai Pengelola Kereta Api Sulsel sendiri telah memastikan semua persiapan. Termasuk pengecekan kelayakan tim dari PT KAI.(*)

Baca Juga: Soal Anggota Satpol PP Ditangkap Narkoba, Pemprov Sulsel: Tidak Ditolerir Pasti Dipecat