banner 10250x250
Gaya  

Dikbud Luwu Utara Gelar Porseni dengan Pawai Defile

netral.co.id
Porseni SD Katokkoan. Dok Humas Pemkab Luwu Utara.

Netral.co.id, Luwu Utara – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Tingkat UPT SD Negeri 097 Katokkoan, Rabu 14 Desember 2022, berlangsung meriah. Kemeriahan tersebut diwarnai dengan pelaksanaan pawai defile yang melibatkan kurang lebih 670-an murid.

Pawai defile dalam rangka Porseni Tingkat UPT SD Negeri Katokkoan mengambil start dari SD Katokkoan, terus melewati depan Mapolres Luwu Utara, masuk ke area Lapangan Tamsis Masamba, kemudian jalan Pramuka dan kembali finish di SD Katokkoan.

Peserta yang juga murid SD ini terlihat sangat menikmati pawai defile yang dilangsung tepat pukul 08.00 WITA. Mereka ada yang mengenakan pakaian adat, pakaian olahraga dan berbagai jenis pakaian menarik lainnya, sehingga menambah kemeriahan kegiatan.

Kegiatan Porseni ini dibuka oleh Koordinator Bidang Pendidikan Wilayah Kecamatan Masamba, Nurhadin, sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam sambutannya, Nurhadin menyampaikan apresiasi kepada SD Katokkoan sebagai pelaksana.

“Mewakili pak Kadis Pendidikan, kami mengapresiasi apa yang kita lakukan pada hari ini,” kata Nurhadin di awal sambutannya. Menurut dia, UPT SD Negeri Katokkoan sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi karena telah lakukan hal-hal yang begitu menonjol.

“Luar biasa kerjasama yang telah dihadirkan pihak SD Katokkoan ini, dan ini patut kita apresiasi bersama,” kata Nurhadi. Ia juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru, teristimewa para orang tua murid yang telah men-support penuh kegiatan ini.

“Dukungan orang tua murid sungguh sangat luar biasa terhadap kegiatan ini. Tentu ini semua tidak terlepas dari komunikasi yang baik antara kepala sekolah dan para orang tua murid, sehingga porseni kali ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” tandasnya.

Ia menyebutkan, dalam sebuah event multilomba seperti porseni, ada tiga hal yang mesti diketahui, baik oleh pihak penyelenggara maupun peserta. Tiga hal itu adalah pengetahuan tentang olahraga, pengetahuan tentang seni dan pengetahuan tentang skill.

“Kalau kita bertanding atau ikut belomba, ada tiga hal yang perlu kita miliki, yaitu pengetahuan tentang olahraga, pengetahuan tentang seni, dan pengetahuan tentang bagaimana peserta porseni memiliki keterampilan dalam mengikuti sebuah lomba,” tandasnya.

Senada Nurhadin, Kepala UPT SDN Katokkoan Masamba, Supiyan Sakti, tak lupa menyampaikan apresiasi yang begitu besar kepada para orang tua murid atas dukungannya terhadap pelaksanaan Porseni yang akan dihelat mulai pada 14 – 17 Desember 2022.

“Teristimewa kepada para orang tua murid yang hari ini support-nya begitu sangat luar biasa untuk anak-anakku sekalian, sehingga kegiatan kita begitu meriah pada hari ini,” kata Supiyan Sakti, salah satu Kepala UPT SD Negeri termuda di Kabupaten Luwu Utara ini.

Tak kalah pentingnya, inovator Warkop Insyaf ini juga memotivasi para murid yang mengikuti porseni agar selalu menjunjung tinggi semangat sportivitas, serta selalu mengedepankan semangat kebersamaan dan persaudaraan meski tengah berkompetisi.

“Sesuai tema kita, Menjunjung Tinggi Sportivitas untuk Mengokohkan Persaudaraan Menuju Sekolah Hebat Bermartabat, maka saya imbau kepada anak-anakku sekalian agar tetap memupuk rasa kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan. Jangan gara-gara lomba, kita baku bombe,” tandasnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sponsor atas sumbangsih yang diberikan, sehingga porseni dapat berjalan baik. “Terima kasih kepada segenap sponsor yang sudah berkontribusi, mengambil bagian demi suksesnya acara ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, dan para orang tua yang hadir memberi dukungan kepada anak-anaknya. Turut pula hadir tokoh perempuan Harifah DM, dan Pranata Humas Dinas Kominfo-SP, Lukman Hamarong