banner 10250x250
News  

Cuaca Ekstrem, Bupati Ilham Azikin Imbau Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Cuaca Ekstrem, Bupati Ilham Azikin Imbau Waspada Banjir dan Tanah Longsor
Ist

Netral.co.id, Bantaeng, – Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan di tengah kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Berdasarkan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah di Sulsel diminta untuk waspada terhadap potensi bencana banjir, longsor dan angin kencang. Kabupaten Bantaeng juga termasuk daerah yang berpotensi terkena dampak cuaca buruk itu.

Ia juga mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap waspada potensi bencana alam yang bisa saja melanda Bantaeng di tengah cuaca ekstrem ini.

“Kepada para camat, Kades, Lurah, memperhatikan kondisi cuaca ekstrem hujan dan angin kencang, dihimbau untuk menyebar luaskan kepada seluruh lapisan masyarakat Bantaeng untuk mewaspadai banjir dan tanah longsor, khususnya yang bermukim di kawasan perbukitan, lereng gunung dan Daerah aliran sungai,” katanya, Sabtu 24 desember 2022.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat tak memarkirkan kendaraan ataupun berdiri di bawah pohon yang rawan tumbang. Termasuk tidak ngebut di jalanan agar terhindar dari bahaya akibat jalan yang licin.

“Kondisi jalan licin dan rawan pohon tumbang teemasuk di dalam kota, sebaiknya menghindari memarkir kendaraan sekitar jalan poros Pahlawan Sasayya, jalan Raya Lanto, jalan dr Ratulangi, jalan Bangau, jalan Gagak samping GOR, serta Kawasan pantai seruni,” katanya.

Ia juga memberi perhatian khusus kepada para nelayan, agar tidak memaksakan diri melaut di tengah kondisi cuaca ekstrem yang bisa terjadi kapan saja. Musim hujan seperti ini, kata dia, para nelayan perlu mewaspadai gelombang tinggi.

“Kepada masyarakat nelayan untuk tidak melaut sementara waktu karena angin kencang dan potensi ombak tinggi,” ujarnya.

Jika terjadi hal yang tak diinginkan, Ilham Azikin berharap agar masyarakat segera melaporkan hal tersebut kepada pihak-pihak terkait.

Baca Juga: Jelang Musda KNPI Bantaeng, Ini Pesan Bupati Ilham Azikin

Baca Juga: Pimpin Rakor SKPD, Bupati Ilham Azikin Tekankan Fokus pada Program Prioritas 2023