Wali Kota Appi dan Ombudsman Jamin OPD Makassar Penuhi Standar Pelayanan Nasional

Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) saat menerima Kepada Ombudsman RI Wilayah Sulsel yang di dampingi sejumlah kepala OPD Pemkot Makassar.

Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) saat menerima Kepada Ombudsman RI Wilayah Sulsel yang di dampingi sejumlah kepala OPD Pemkot Makassar. (Foto: Dok Humas Pemkot Makassar).

Makassar, Netral.co.id – Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin (Appi) bersama Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, Ismu Iskandar, memastikan komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Makassar untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai standar nasional.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Makassar, Wali Kota Appi menegaskan pentingnya mempertahankan capaian positif yang telah diraih kota ini, termasuk status zona hijau dalam penilaian pelayanan publik secara nasional.

“Kami terus berbenah dan memastikan seluruh OPD memenuhi standar pelayanan nasional. Tujuan kami adalah membangun budaya pelayanan yang inklusif, partisipatif, transparan, responsif, dan berkeadilan bagi seluruh warga Makassar,” ujar Appi, Jumat 18 April 2025.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Sulsel, Ismu Iskandar, menyatakan pertemuan tersebut merupakan bagian dari koordinasi awal dengan kepala daerah baru. Dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyampaikan sejumlah isu yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah kota.

Baca Juga : Pemerintah Kota Makassar Sabet Penghargaan dari Ombudsman RI

“Beberapa laporan yang tengah berjalan perlu ditindaklanjuti, dan tentu saja kami berharap ada atensi dari Pak Wali Kota. Ini bagian dari penguatan sinergi antara Ombudsman sebagai lembaga pengawas eksternal dengan pemerintah daerah,” kata Ismu.

Ia menyoroti dua isu utama yang saat ini menjadi perhatian Ombudsman, yakni persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP dan pengelolaan Pasar Sentral. Keduanya dinilai memiliki potensi menimbulkan permasalahan sosial jika tidak ditangani secara adil dan transparan.

Meski begitu, Ombudsman mengapresiasi capaian Pemkot Makassar dalam dua tahun terakhir yang berhasil mempertahankan posisi dalam zona hijau indikator tertinggi dalam penilaian pelayanan publik secara nasional.

“Ini capaian yang patut dipertahankan dan ditingkatkan. Kami siap terus bersinergi untuk memastikan layanan publik di Makassar semakin berkualitas dan berpihak pada kepentingan masyarakat,” tutup Ismu.

Comment