Makassar, Netral.co.id – Ketua TP PKK Kota Makassar Melinda Aksa akan memperkenalkan produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Makassar di ajang bergengsi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Surabaya pada Mei 2025 mendatang.
Langkah ini merupakan komitmen PKK dan Dekranasda Kota Makassar dalam mendukung pertumbuhan produk lokal Makassar.
Pihaknya pun siap berkolaborasi dengan Inkubator UMKM yang berada di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.
Tidak hanya Dinas Koperasi dan UKM, TP PKK juga siap bersinergi dengan sejumlah stakeholder. Seperti, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, dan Dekranasda.
TP PKK siap memperkenalkan beragam produk lokal Kota Makassar pada ajang bergengsi APEKSI yang akan digelar di Surabaya pada Mei 2025 mendatang.
Baca Juga : Apresiasi Petugas Kebersihan, Melinda Aksa Serahkan Bantuan Sembako
Dalam kunjungannya ke Inkubator UMKM Kota Makassar, Ketua TP PKK Melinda Aksa menekankan pentingnya inovasi dalam mengemas produk-produk lokal.
Kata Melinda Aksa, produk UMKM yang akan dipamerkan di APEKSI rencananya bakal dikemas ulang dengan desain yang lebih spesial untuk menarik perhatian pasar yang lebih luas.
“Kita ingin produk lokal Makassar tampil beda, lebih menarik, dan berdaya saing di ajang nasional seperti APEKSI ini. Makassar punya banyak potensi produk berkualitas yang harus kita tonjolkan,” jelas Melinda, Kamis 17 April 2025.
Melalui pendekatan ini, Melinda berharap produk-produk UMKM lokal tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi juga membuka peluang ekspansi ke pasar Internasional.
Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa sinergi antar instansi pemerintah sangat penting di dalam membangun ekosistem UMKM yang lebih kuat.
Baca Juga : Melinda Aksa Soroti Sinkronisasi Program Ekonomi Kreatif dan Pendidikan di Makassar
Menurutnya, pengemasan atau packaging yang menarik dapat meningkatkan nilai jual produk serta memperkuat identitas lokal Makassar.
“Inkubator UMKM ini menjadi wadah penting untuk melahirkan inovasi dan kreativitas pelaku UMKM kita, dengan dukungan dari berbagai pihak, kita optimis produk Makassar mampu bersaing,” ungkapnya.
Melinda juga mendorong pelaku UMKM untuk terus berinovasi, baik dari segi produk maupun strategi pemasaran.
Ia menilai keikutsertaan dalam pameran APEKSI merupakan peluang besar untuk memperkenalkan karya anak-anak lokal Kota Makassar kepada khalayak luas.
“Kami ingin produk-produk kita menjadi kebanggaan Makassar. Inilah momentum untuk menunjukkan bahwa UMKM kita mampu bersaing dengan kota-kota besar lain di Indonesia,” tutup Melinda.
Comment