banner 10250x250

Kepala Kesbangpol Bulukumba: Mari Dukung Dukung Penyelenggara Pemilu

Kepala Kesbangpol Bulukumba: Mari Dukung Dukung Penyelenggara Pemilu
Ist

Netral.co.id, Bulukumba, – Mewakili Bupati, Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfah membuka kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD tingkat Kabupaten Bulukumba peda pemilu 2024.

Arfan dalam sambutannya mengajak seluruh elemen pemerintahan, khususnya para camat, lurah dan kepala desa untuk mendukung penyelenggara pemilu. Hal itu, sebagai bentuk tanggung jawab menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Pemilu itu, katanya, tanggung jawab terakhirnya adalah Presiden, sehingga seluruh bagian pemerintahan ini bertanggung jawab. Tapi tentu dengan tanggung jawab yang berbeda-beda.

“Mari dukung penyelenggara Pemilu hingga di tingkat kecamatan dan desa” ujar Arfan kemudian membuka kegiatan uji publik di Ballroom Hotel Agri Bulukumba, Rabu, 14 Desember 2022.

Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin menyampaikan bahwa uji publik ini merupakan prosedur setelah adanya rancangan awal, berdasarkan PKPU Nomor 6 tahun 2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi.

“Kita buka ruang seluas-luasnya untuk mendapat saran dan masukan. Makanya hari ini kita lakukan uji publik. Saran dan masukan ini akan kita tampung,” jelasnya.

Sekadar diketahui, KPU Bulukumba mengusulkan dua opsi untuk rancangan awal dapil pemilu 2024. Opsi pertama 4 dapil dan opsi kedua 5 dapil.

Opsi 4 dapil, seperti pada pemilu sebelumnya, yaitu dapil 1 Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe dan Bonto Bahari. Dapil 2 Kecamatan Gantarang dan Kindang. Dapil 3 Kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale. Dapil 4 Kecamatan Kajang, Herlang dan Bonto Bahari.

Untuk opsi 5 dapil, Kecamatan Bontotiro dan Bonto Bahari bergabung jadi satu dapil. Sehingga opsi kedua ini, perubahan yang terjadi Kajang dan Herlang satu dapil, begitupun Ujung Bulu dan Ujung Loe satu dapil.(*)

Baca Juga: BI Puji Realisasi Inflasi Bulukumba yang Rendah dari Nasional

Baca Juga: Terkait Layanan Adminduk, Bulukumba Terima 3 Penghargaan sekaligus dari Gubernur Sulsel