banner 10250x250

Bawaslu Awasi Ketat Pendaftaran Balon Anggota DPD RI Dapil Sulsel

Netral.co.id
Bawaslu Awasi Proses pendaftaran DPD RI di KPU Sulsel. Dok Netral.co.id.

Netral.co.id, Makassar – Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pengawasan tahapan penyerahan syarat dukungan minimal pemilih bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah pemilihan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang digelar KPU Provinsi Sulsel.

Sejak dibuka tanggal 16 Desember lalu Bawaslu Sulsel melalui tim pengawasan tahapan terkait telah melakukan pengawasan untuk memastikan seluruh prosedur dan tata cara berjalan optimal dan efektif.

“Kami memastikan proses berjalan sesuai prosedur dan tata cara yang berlaku. Pengoptimalisasian dan efektifnya pengawasan dilakukan secara terkoordinir. Tim kami dipastikan melekat, mengisi Form A dan alat kerja dengan terus berkoordinasi dengan KPU Sulsel,” jelas Anggota Bawaslu Sulsel PJ Pengawasan Tahapan Dr Adnan Jamal kepada awak media, Senin 26 Desember 2022.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Sulsel Kordiv Humas Saiful Jihad mengatakan Bawaslu terus mengutamakan upaya pencegahan dalam setiap tahapan pemilu 2024.

“Tim tentu melakukan pencermatan, serta penilaian sesuai peraturan Bawaslu dan PKPU yang berlaku. Dengan mengutamakan upaya pencegahan dengan menerbitkan saran perbaikan jika terdapat potensi pelanggaran oleh penyelenggara (KPU),” kata Saiful Jihad.

Tahapan ini sendiri akan berlangsung hingga 29 Desember. Berdasarkan data dari Tim Pengawasan, hingga 26 Desember pukul 15.30 WITA, tercatat satu orang Bakal Calon menyerahkan syarat dukungan minimal pemilih DPD Wilayah Pemilihan Sulsel kepada KPU Sulsel.